Thursday 18 June 2015

Membedakan pengertian menabung dan menyimpan uang

Membedakan antara menabung dan menyimpan uang.

Di jaman modern seperti sekarang ini, banyak orang yang salah mempersepsikan antara Menabung dan Menyimpan Uang.

Adanya rekening bank yang sering menamakan produkya dengan kata tabungan membuat orang-orang mempersepsikan produk tersebut sebagai media untuk menabung, yang padahal sebenarnya itu bukan media untuk menabung melainkan media untuk menyimpan uang.

Lalu apa beda menabung dan menyimpan uang?

Menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk tujuan tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Bisa dalam satu tahun, lima tahun, sepuluh tahun, atau seumur hidup.

Sesuai dengan ilustrasi perencanaan, uang yang ada dalam tabungan tidak boleh diambil dan diganggu. Uang dalam tabungan ini hanya bisa diambil untuk tujuan yang memang direncanakan.

Rekening tabungan di bank bisa juga digunakan sebagai media menabung, dengan syarat uang yang ada di rekening tersebut tidak boleh diambil kecuali untuk tujuan yang memang sudah direncanakan.

Namun harus diperhatikan keuntungan dan kerugian jika kita menabungkan uang kita di bank. Apabila kita menabung untuk rencana jangka panjang ada kemungkinan besar kita akan rugi karena nilai uang yang ada dalam rekening kita akan menurun, kecuali apabila angka inflasi berada dibawah bunga bank. Masalahnya angka inflasi jarang sekali berada dibawah bunga bank.

Sedangkan Menyimpan Uang adalah menyimpan uang kita di satu rekening untuk dapat dengan mudah kita gunakan dalam berbagai macam keperluan.

Produk rekening di bank yang biasa disebut dengan ”tabungan” inilah yang biasa digunakan untuk menyimpan uang. Rekening ini tidak jauh berbeda dengan ”dompet”. Seperti halnya dompet, rekening yang digunakan untuk menyimpan uang dapat dengan mudah ditambah atau diambil isinya.

Rekening ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas Kartu ATM (Automatic Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri) yang memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan berbagai macam transaksi seperti transfer uang, pembayaran berbagai macam keperluan, sebagai kartu debit dan sebagainya.

Berbeda dengan tabungan, uang yang ada di dalam rekening yang digunakan untuk menyimpan uang boleh diambil untuk berbagai macam keperluan baik keperluan rutin ataupun yang mendadak. Namun harus diperhatikan pula dalam menyimpan uang jangan sampai uang yang ada habis sebelum waktunya. 

Ok saran dari penulis mulai menabung di tempat yang aman yaitu dengan menabung di produk asuransi karena bisa memberikan manfaat ganda dari tabungan anda yang dikaitkan dengan investasi dan secara bersamaan mendapatkan perlindungan dari nilai proteksi tersebut.