Friday 19 June 2015

Tips Mengelola Gaji dengan Efektif

Kerja satu bulan habis dalam waktu semalam.

Pernah mengalami hal tersebut? Mengelola uang memang menjadi tantangan tersendiri bagi seorang karyawan. 

Perilaku boros menjadi salah satu lawan terberat yang memicu lenyapnya uang gaji tanpa disadari. Alangkah baiknya jika kita menghargai hasil jerih payah kita selama sebulan dengan bijak. 

Beberapa tips dari aridaekcusz tentang merancang masa depan ini layak untuk ditiru tentang bagaimana mengelola gaji dengan efektif, yaitu : 

1. Punya Anggaran Memiliki anggaran adalah keharusan. Mulailah membuat anggaran yang rapi agar pengeluaran dapat dikontrol. Bayarlah terlebih dahulu hal yang merupakan kewajiban, misalnya hutang atau tagihan kartu kredit. 

Selanjutnya, sisihkan sebagian uang guna ditabung dan sisanya untuk keperluan sehari-hari hingga gaji berikutnya. 

Dengan perencanaan keuangan yang baik, tak menutup kemungkinan Anda bisa berinvestasi untuk masa depan. 

2. Kumpulkan bukti  slip gaji Kumpulkan slip gaji pertama hingga bukti gaji saat ini. Hal ini guna membaca setiap kesalahan pada setiap pengeluaran serta pendapatan. 

Pastikan setiap pemotongan sesuai dengan bonus, kenaikan atau insentif serta pengeluaran. Jika mengalami kesusahan dalam mengolah gaji, tak ada salahnya Anda menghubungi Agen Asuransi.

3. Dahulukan membayar tagihan Mulailah hari penggajian Anda dengan membayar tagihan terlebih dahulu, seperti tagihan listrik dan telepon. 

Hal itu lebih penting dibandingkan dengan memikirkan kebutuhan gaya hidup. Selanjutnya, membayarkan tagihan kartu kredit lalu sisanya dapat digunakan untuk menabung. 

4. Pikirkan diri sendiri Di samping bekerja, pikirkan pula untuk kebutuhan sehari-hari sehingga dapat menyisihkan pengeluaran pribadi. 

Hal itu bisa ditempuh dengan cara menyisihkan anggaran untuk berbelanja, liburan, berpesta selama satu bulan. 

5. Dana untuk asuransi dan investasi Berpikirlah untuk mulai memiliki investasi dan mengikuti asuransi atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Dengan cara ini, bisa dibilang Anda sama saja menabung disiplin.

6. Segera bikin tabungan darurat Kadang dalam bulan ini ada kebutuhan yang mendadak. Mulailah untuk mempergunakan celengan, mungkin dalam bentuk mainan yang selalu ada di kamar agar ingat selalu untuk menabung.

Setelah itu, dalam 3 bulan dapat diketahui berapa banyak uang yang anda sudah tabungkan. Hal ini salah satu alternatif sederhana selain melakukan investasi.

Demikian Tips mengelola Gaji dengan Efektif semoga bermanfaat.