Friday 18 September 2015

Keluar Dari Zona Nyaman Anda

Kunci sukses mengembangkan diri adalah keluar dari zona nyaman. 

Oleh : Rifai Ahmad

Tinggal nyaman di dalam zona nyaman ibarat katak dalam tempurung. Apa yang kita tahu itu-itu saja. Pada gilirannya, apa yang kita dapat?? 

Dalam kehidupan ini, sejatinya, tidak seorang pun berada di dalam zona nyaman. Seorang anak kecil tidak selamanya berada di dalam lindungan orang tuanya. Jika orangtuanya sudah tidak ada maka ia harus berjuang demi hidupnya. 

Demikian juga orang yang sudah tua. Kita tidak bisa menjamin bahwa anak-cucu kita akan peduli terhadap nasib kita saat kita sudah tidak dalam usia produktif. 

Inilah kenyataan hidup hari ini. Barangsiapa yang tidak siap untuk keluar dari zona nyaman maka seseorang tidak akan berkembang dan kemungkinan zona nyamannya sudah tidak lagi menjadi tempat yang nyaman. 

Tidak perduli anda bekerja berapa lama di sebuah perusahaan. Pegawai tetap atau kontrak ketika perusahaan bangkrut atau tidak performance dalam bekerja mau tak mau harus keluar dari zona nyaman anda. Anda harus mencari tempat baru yang belum pernah Anda kenal sama sekali. Anda harus memulai lagi dari nol. keluar dari zona nyaman merupakan salah satu seni menjalani hidup yang harus anda kuasai. 

Untuk itu, Anda perlu menata pikiran sedemikian rupa sehingga pikiran negatif, yang tidak mendukung dapat dihilangkan. merubah minside dapat membantu Anda mengurangi rasa cemas berada di dalam situasi yang tidak nyaman. 

Memang sudah menjadi sifat alami kita merasa cemas berada di dalam situasi yang asing. hal itu secara alami akan menimbulkan kecemasan dalam diri Anda. Parahnya, kecemasan itu akan menghasilkan persepsi negatif yang mendukung rasa takut.

untuk itu kita harus berpikir realistis, belajar sesuatu yang baru, perluas sudut pandang, tentukan tujuan, bersosialisasi dengan team work, merubah perspektif dan action!!!

Oleh karena anda perlu mempersiapkan diri manakala anda ingin keluar dari zona nyaman, keluar dari zona nyaman bukan hanya merupakan pilihan tetapi keharusan Seleksi alam membuktikan. 

Salam sukses,