Tuesday 11 August 2015

Manfaat Zat Yodium bagi Ibu Hamil

Pentingnya Asupan Yodium Untuk Ibu Hamil 

Sudah semestinya seorang wanita hamil menjaga asupan makanannya, demi kesehatan diri dan sang janin. 

Tips kali ini mengulas soal keterkaitan sejumlah manfaat dari zat yodium untuk ibu hamil. 

Berdasarkan temuan yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Lancet Diabetes and Endocrinology, yodium merupakan suplemen makanan yang bisa membantu perkembangan otak janin. 

Tak sekadar berpengaruh baik terhadap perkembangan otak janin saat dalam kandungan, asupan yodium yang dikonsumsi ibu hamil juga mempengaruhi kecerdasan anak ketika si anak lahir. 

Menurut penelitian para ahli di Inggris, yodium ini sangat penting di bulan pertama masa kehamilan sang ibu. “Sudah saatnya bagi semua wanita yang tinggal di daerah kekurangan yodium dan sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan disarankan untuk mengonsumsi suplemen harian yang mengandung yodium. 

Kekurangan yodium selama kehamilan akan berdampak pada intelligence quotient (IQ),” kata Profesor Kate Jolly dari University of Birmingham, sebagaimana dilansir Dailymail. 

Sementara itu, tim peneliti dari Birmingham menemukan adanya keterkaitan tingkat IQ masyarakat dengan perekonomian negara. Negara dengan masyarakat yang berdaya intelektual tinggi cenderung memliki perputaran ekonomi yang cepat karena produktivitas masyarakat tinggi. 

Yodium merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil yang penting untuk pembentuk hormon tiroid. Hormon-hormon inilah yang mempertahankan metabolisme tubuh dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil sejak dalam kandungan. 

Kekurangan yodium akan berdampak buruk bagi kesehatan, seperti terjadi pembesaran kelenjar tiroid yang menyebabkan pembengkakan leher. Defisiensi yodium yang sangat parah akan menghambat pertumbuhan dan mental Si Kecil. 

Di samping itu, kemampuan pendengaran, motorik dan fungsi kognitif pada Si Kecil juga dapat terganggu jika asupan yodium Ibu tidak cukup sewaktu hamil. Untuk ibu hamil direkomendasikan mengonsumsi yodium sebesar 150 mcg dalam sehari. 

Selain memilih garam yang beryodium, 150 mcg yodium per hari bisa Ibu dapatkan dari makanan laut yang telah diolah dengan benar, susu, telur dan roti yang telah difortifikasi yodium. 

Mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan biji-bijian juga sangat baik, karena pada umumnya bahan-bahan ini mengandung yodium. Oleh karena itu, Ibu harus memerhatikan pola dan menu makanan. 

Pilih makanan yang beragam dan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan yodium dan nutrisi lainnya yang Ibu butuhkan saat hamil. Ok, share artikel ini pada teman-teman Ibu supaya semua bisa menjalani pola makan seimbang dan sehat di kala hamil!